Jumat, 23 Desember 2011

TUGAS PRAKTIKUM PPTI (INTERNET)

Tugas Praktikum PPTI Jumat 16 - 12 - 2011
1.History dan Fungsinya

History di browser adalah fasilitas untuk mencatat dan menyimpan data sejarah penelusuran dan penggunaan internet kita, history ini bisa sangat bermanfaat jika kita ingin melihat situs mana saja yang pernah kita kunjungi. Fasilitas ini bisa kita manfaatkan untuk melacak kemana saja browser kita pernah menjelajah, ini jika komputer kita juga dipakai oleh orang lain.
Manfaat lain dari History ini adalah jika kita ingin mencari suatu informasi, dan informasi tersebut berada pada situs yang pernah kita kunjungi. Namun kita lupa alamat dari situs tersebut, dan kita lupa untuk membookmark situs tersebut. Maka kita bisa memanfaatkan fasilitas history ini untuk mencari lagi situs tersebut.
Data history ini bisa kita lihat pada address bar di browser, pada address bar ini history bisa menjadi acuan untuk membuka situs. Kita tinggal mengetikkan huruf awal dari situs yang akan dituju, dan history akan menampilkan beberapa pilihan bergantung dari data yang terdapat pada history. Contoh: jika kita mengetikkan huruf "g" pada address bar, dan history akan menampilkan beberapa situs yang dimulai dengan huruf tersebut.
Fasilitas ini sangat bermanfaat untuk menghemat waktu dan tenaga, kita tinggal memilih mana yang di kehendaki tanpa harus mengetikkan secara lengkap. Bagi yang menggunakan MS Windows kita bisa mengatur berapa lama History ini akan disimpan, untuk megaturnya kita bisa melakukan dengan cara yaitu:

Cara Menghapus History

1) Bukan Internet Explorer, 2) pilih menu Tools > Internet Options, 3) Internet Explorer akan menampilkan kotak dialog Internet Options, pada tab General kita bisa melihat kotak untuk mengatur History. Aturlah berapa lama akan menyimpan data History ini. Untuk menghilangkan semua data History klik pada tombol Clear History.
Itu jika kita menggunakan IE sebagai default browser, namun jika kita menggunakan Firefox untuk menghapus data History ini dilakukan dengan cara sebagai berikut: 1) Buka Firefox, 2) Dari menu pilih Tools > Options, 3) pada kotak dialog Options pilih tab Privacy, 4) kita bisa menghapus data History dengan mengklik pada tombol Clear Now .. pada kotak Private Data. Hal ini pernah dibahas pada artikel Firefox.

Namun itu jika kita ingin menghapus data secara keseluruhan, mengingat data History ini cukup bermanfaat maka kita mungkin tidak ingin menghapus seluruhnya. Kita hanya ingin menghapus beberapa situs saja yang kita anggap tidak berguna atau memalukan jika dilihat orang lain. Hal ini bisa dilakukan dengan cara yaitu:

1) buka browser (IE, Firefox), 2) Gunakan Shortcut [CTL + H] untuk membuka jendela history, 3) jendela history akan terbuka pada sebelah kiri, 4) pilihlah situs yang akan di hapus dan tekan tombol Delete pada keyboard.
Pada IE kita bukan hanya melihat data history selamat kita menggunakan Internet saja, namun kita juga bisa melihat data history pada saat kita menjelajah pada komputer lokal.
Setelah kita tahu fungsi dan cara menggunakan history ini kita jadi tahu cara untuk melacak aktivitas yang terjadi pada komputer kita selama beberapa hari ke belakang. Terutama jika komputer tersebut adalah milik bersama, data history ini termasuk dalam golongan data yang bersifat pribadi, karena itu sangat penting untuk mengetahui dan memahaminya.

Cara Menghapus Search History

Search history adalah data history pencarian yang pernah kita lakukan di search engine, misalnya Google. Search history ini bisa kita lihat dengan cara menekan tombol panah bawah pada keyboard pada kotak pencarian dihalaman utama Google. Agar lebih jelas maksudnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Data ini sebenarnya termasuk dalam history Form Information jika browser yang digunakan adalah Firefox. Data history ini bisa kita lihat setiap kali kita memasuki halaman web yang menampilkan form yang berupa kotak (text box). Dan data ini bersifat pribadi, karena itu jika PC yang digunakan merupakan PC bersama alias umum. Maka orang lain juga bisa melihat data ini, dan ini bisa sangat membahayakan jika data tersebut bersifat sangat pribadi.
Lalu bagaimana cara menghapusnya ? ya sama seperti diatas. Cara menghapus data search history atau history google (istilah mudahnya), ikuti langkah ini 1) Buka Firefox, 2) Dari menu pilih Tools > Options, 3) pada kotak dialog Options pilih tab Privacy, 4) klik pada tombol Clear Now pada kotak dialog yang disediakan pilihlah Saved Form and Search History, klik pada tombol Clear Private Data Now.


2.Fungsi Bookmark dan Penggunaannya

Bookmark atau menandai suatu situs yang favorit untuk kita ternyata sangat berguna banget lho jadi kita nggak perlu menulis lagi alamat dari website favorit kita.Tapi sepertinya ini khusus bagi yang sering online dengan komputer sendiri(Kalau diwarnet sich boleh-boleh saja asal jangan pindah-pindah kalau mau ngenet :D
Dulu aku kira dengan menandai tanda bintang menjadi kuning sudah selesai kita membookmark suatu halaman tapi ternyata saya salah kayaknya karena nanti bakalan kerepotan juga kalau mau mencarinya.Ini cara yang mungkin berguna untuk mengorganisir web yang kita sukai.
  1. Tekan tulisan bookmarks di sidebar browser(Ini untuk yang pakai Mozilla ya)
  2. Kemudian cari organize bookmarks dan klik deh
  3. Setelah itu kita menuju ke bookmark toolbar >>>
  4. Klik organize dan Klik New Folder untuk membuat Folder baru untuk kumpulan bookmark kita
  5. Name dan Description silahkan isi sesuai yang anda inginkan
  6. Sekarang mari kita mencari situs-situs yang ingin anda bookmark.Klik kanan pada situs tersebut dan klik bookmark this page
  7. Pada kotak isian folder isi dengan folder yang tadi anda buat.kemudian klik done
Selesai deh proses bookmark-membookmarknya untuk melihat bookmark kita klik pada folder bookmark yang kita buat dan klik tulisan situsnya.Oh iya bila belum kelihatan bookmark toolbarnya silahkan mencoba !!

3.Fungsi ADDS ON di MOZILA FIREFOX (WAJIB BACA GANN BUAT YANG SUKA DOWNLOAD!!!)


Add-Ons adalah komponen opsional, dalam hal ini berupa sebuah perangkat lunak, yang bila ditambahkan ke dalam perangkat lunak utama, dalam hal ini Firefox, akan menambah fungsional perangkat lunak utama tersebut.

Artinya, tanpa tambahan add-ons sekalipun Firefox tetap dapat dimanfaatkan fungsi - fungsi utamanya, akan tetapi akan lebih bagus lagi kalau di tambahkan beberapa add-ons

Download Statusbar (141,179 weekly downloads)
Fungsinya cukup simpel, namun sangat informatif bagi user. Status download sobat akan tampil di statusbar (bar bagian bawah) dan akan menampilkan beberapa data seperti persentase proses download, sisa waktu wownload, besaran data yang telah terdownload dan lain sebagainya. Jendela download tidak akan tampil dan akan digantikan dengan statusbar mungil di bagian bawah browser Firefox sobat, sehingga tidak mengganggu aktivitas surfing sobat. Interface dan data tampilannya bisa diatur melalui option add-on tersebut. Add-on ini cocok untuk siapa saja, khususnya bagi downloader sejati.



Personas Plus (149,308 weekly downloads)
Personas Plus adalah add-on yang dibuat oleh www.getpersonas.com. Pada dasarnya, add-on ini adalah theme atau skin untuk tampilan Firefox sobat. Namun, dengan add-on ini sobat akan dengan mudah melakukan customisasi atau pengaturan terhadap tampilan dan fitur-fitur yang ada. Bahkan sobat dapat mengganti theme Firefox hannya dengan beberapa klik saja, karena pembuat add-on ini adalah penyedia theme Firefox, sehingga melalui icon tambahan yang terdapat pada add-on, sobat bisa browsing berbagai theme tanpa harus berpindah alamat web. Yup, cukup dengan beberapa klik saja dari halaman web apa saja. Add-on ini sepenuhnya hanya untuk personalisasi tampilan Firefox.

Easy YouTube Video Downloader (170,729 weekly downloads)
Dari namanya saja sudah dapat diketahui fungsi utama dari add-ons ini. Easy YouTube Video Downloader merupakan sebuah tool yang sangat memudahkan kita dalam mendownload file-file video. Hanya dengan sekali klik. Karena add-on ini secara otomatis akan memunculkan icon download di setiap file video yang tampil di hadapan sobat. Tool ini juga dapat mendeteksi dan mendownload hampir semua jenis file video, dengan kualitas download HD ataupun sesuai keinginan.



4.Apa itu RSS???? dan ini lah cara penggunaan dan fungsi2nya =

RSS merupakan singkatan yang merujuk kepada beberapa protokol :
  • Really Simple Syndication ( RSS 2.0 )
  • RDF Site Summary ( 0.9 dan 1.0 )
  • Rich Text Summary ( 0.91 )

lalu, Apa itu RSS?

sederhananya, RSS merupakan versi simple dari isi website dengan format XML. biasanya digunakan di website dengan konten yang dinamis atau berubah – ubah, seperti portal berita dan blog.
begini. tujuan seseorang membuka suatu website adalah untuk mendapatkan informasi dari website tersebut. Namun, ketika anda membuka suatu website, selain informasi dari website tersebut terbuka, ikut pula terbuka banner, widget, header, footer, dan pernak pernik dari website tersebut yang mungkin anda kurang butuhkan. nah, RSS reader merupakan solusi dari masalah ini. RSS merupakan versi simple dari sebuah website yang hanya menampilkan konten atau isi dari website. tanpa banner, tanpa widget, tanpa header atau footer dari website yang sebenarnya anda tidak butuhkan. rss dapat dibaca melalui pembaca RSS atau RSS reader.

terus, manfatnya RSS untuk saya apa?

Untuk memahami manfaat RSS secara lengkap, anda perlu tahu feed terlebih dahulu.

lalu, feed itu apa?

feed , ( atau pengumpan dalam bahasa indonesianya ) adalah suatu format data yang digunakan untuk melayani isi yang sering diperbaharui. Distributor isi mensindikasikan suatu umpan web dan mengizinkan para pengguna untuk berlangganan. Membuat suatu koleksi umpan web yang tersedia pada satu tempat dikenal sebagai agregasi, yang dilakukan oleh agregator (disebut juga pembaca umpan atau pembaca berita).( definisi id.wikipedia ) .
maksudnya begini, feed adalah suatu layanan yang disediakan oleh blog atau website. gunanya adalah mengumpulkan RSS atau versi simple dari suatu blog atau website yang tersedia, lalu mendistribusikannya. mendistribusikan kesiapa? kepada orang yang berlangganan feed tersebut. masih ingat dengan cara membaca RSS diatas? ya, jadi anda bisa mensubscribe atau mendaftarkan alamat feed tersebut ke RSS reader anda, lau setiap blog atau website tersebut memasukkan konten baru, feed tersebut akan mengirimkannya ke RSS reader anda. :)

sebentar, ada yang terlupa. RSS reader itu apa?

RSS reader adalah aplikasi yang digunakan untuk membaca RSS daru sebuah website. cara membaca RSS suatu website adalah, anda masukkan alamat feed website tersebut, lalu RSS akan mengambil RSS dari feed website tersebut. Setiap kali web tersebut di update, versi RSSnya akan disediakan oleh feed, dan akan diambil oleh RSS reader anda.
RSS ada dua tipe : desktop based, dan web based. tipe desktop based ini berupa aplikasi. seperti MS word atau Browser. anda perlu menginstallnya di desktop anda. sedangan tipe web based, ini berupa website. web application. anda tidak perlu menginstallnya, cukup buka browser anda, masuk ke alamatnya, dan sign up. masing – masing tipe memiliki kelebihan. desktip based, anda dapat membacanya secara offline. Web based, anda tidak perlu repot menginstal aplikasi. data anda disimpan secara online, dan dapat anda akses dengan komputer mana pun. :)
untuk RSS reader desktop based, anda bisa gunakan :
*) daftar tersebut berdasarkan post sampepuas.com disini. thanks untuk sampepuas.com untuk listnya yang membantu. sampepuas.com sendiri merekomendasikan snarfer, karena tampilannya yang simple. :)
sedangkan untuk RSS reader web based, anda bisa coba :
saya pribadi sudah pernah menggunakan keduanya, namun Google Reader lebih yahud untuk saya.Selain karena terintegrasi dengan Google Account, fiturnya lebih memuaskan. :)
intinya, apa kegunaan semua teknologi ini? RSS, feed dan RSS reader. keuntungannya apa?
ketiga teknologi ini memungkinkan anda membaca berita terbaru dari 20 blog atau website favorit anda dalam waktu sepuluh menit. loh kok bisa? ya, anda miliki sebuah RSS reader lalu daftarkan feed blog atau website favorit anda. Setiap kali website tersebut mengupdate kontennya, anda akan mendapatkannya! tidak perlu bolak – balik menyantroni blog kesayangan anda untuk mendapatkan konten terbaru darinya. dan lagi, anda tidak perlu lagi memBookmark halaman website favorit anda. Wow! Sebuah inovasi yang memudahkan kegiatan anda berinternet bukan? ;)
Dapatkan update harian bloggingly GRATIS di RSS Reader anda! Subscribe sekarang RSS FEED BLOGGINGLY !

5.Apa itu POP3?? EMAIL FILTERING??EMAIL FORWARDING???
 

---POP3---
POP (Post Office Protocol) merupakan protocol yang digunakan untuk pengelolaan e-mail. Dengan adanya fasilitas ini akan mempermudah untuk mendapatkan e-mail dari sebuah mail server tanpa perlu koneksi yang lama dari Internet. POP3 (POP - Version 3) merupakan POP yang standar untuk Internet. Protokol ini akan mengijinkan client untuk mengakses e-mail yang ada di POP server secara dinamis dan juga mengijinkan untuk meninggalkan atau menghapus e-mail yang ada di POP Server melalui POP client.
POP3 memungkinkan Anda untuk men-download pesan email pada komputer lokal Anda dan membacanya bahkan ketika Anda sedang offline dan berfungsi untuk menarik atau mengambil email dari server email yang digunakan.
Untuk menggunakan POP3 bisa dari Microsoft Outlook. biasanya untuk menggunakan POP3 di perlukan settingan:
·         Email Address : contoh —> anda@domainanda.com
·         Incoming Mail (POP3, IMAP or HTTP) server : mail.doaminanda.com
·         Outgoing (SMTP) server : mail.domainanda.com
·         Account Name : anda@domainanda.com
·         Password : password yang telah anda buat sebelumnya


---Email Filtering---
Email Filtering adalah suatu fungsi untuk memisahkan atau memilah email-email berdasarkan kriteria-kriteria tertentu.
Langkah Langkah Filter Email di GMail
  • Login ke GMail
  • Klik link "Create a filter" yang ada di samping tombol "Search the Web"
  • Pada dialog "Create a filter" masukkan nilai berikut :
    • Pada bagian "Has the words" masukkan nilai  list:"<jaringan-bisnis.yahoogroups.com>"
    • Kosongkan untuk yang lainnya
    • Klik tombol "Next Step >>"
  • Pada dialog selanjutnya masukkan nilai-nilai berikut :
    • Pilih opsi "Skip the Inbox
    • Pilih opsi "Apply the label" dan pilih "New label..."
    • Masukkan nilai jaringan-bisnis untuk dialog New Label yang muncul. Klik tombol "OK".
    • Pilih opsi "Apply apply filter to ... conversations below"
    • Klik tombol "Create Filter"
    • Dalam beberapa saat filter dengan aturan / kondisi yang sudah kita tetapkan akan dibuat.
    • Klik link Inbox di menu samping
    • Perhatikan bahwa entri label jaringan_bisnis sudah terdapat di dalam panel Labels
    • Klik pada label jaringan_bisnis tersebut dan Anda akan melihat semua email dari milis jaringan-bisnis@yahoogroups.com sudah terdapat di label tersebut.
    • Selesai

 ---Email Forwarding---
Email forwarding adalah fasilitas untuk mengalihkan semua email dari satu alamat ke alamat yang lain.
Contoh penggunaan:
Anda memiliki satu email utama utama@domain .com lalu anda ingin memiliki email support@domain.com. Agar anda tidak harus login ke 2 account untuk memeriksa email anda, anda dapat mengalihkan email support@domain.com ke alamat email utama anda yaitu utama@domain.com.
Caranya:
  1. Login di cpanel server anda
  2. Klik tombol / link mail
  3. Klik link forwarders
  4. Klik link add forwarder
  5. Masukkan alamat email yang akan dialihkan ke dalam kotak sebelah kiri (contoh: support)
  6. Pilih nama domain di kotak tengah
  7. Masukkan alamat email tujuan ke dalam kotak sebelah kanan (contoh: utama@domain.com)
  8. Klik tombol add forwarder
Setelah melakukan step di atas, setiap email yang ditujukan ke support@domain.com akan anda terima di email utama anda utama@domain.com



3 komentar:

topan Reskyandy mengatakan...

Yang penting comment

Anonim mengatakan...

saya nimbrung komeeeeeen :d

syarat tugas :p

Tito Bagas H mengatakan...

cinooooo !!!

Posting Komentar

Silahkaann Comment dan Beri Saran Kawan :)